Minggu, 07 April 2013

Para Rasul Tuhan yang Mati Secara Martir

Kematian Rasul Tuhan atau murid-murid Yesus sangat tragis dan sangat menyayat hati. Mereka semua mati martir di dalam mempertahankan keyakinannya kepada Yesus. Sehelai rambutpun tidak pernah terlintas di dalam pikiran mereka untuk mengingkari Yesus. Bahkan ada yang mati sambil berkotbah, dan ada pula yang mati dengan membawa jiwa baru di dalam kematiannya.

Berikut kisah tragis kematian dari murid-murid Yesus (kecuali Yudas Iskariot karena telah berhianat), kiranya semakin menguatkan iman kita dalam bersaksi tentang Kerajaan Allah.

1. Simon Petrus/Rasul Petrus (Santo Petrus, Saint Peter)
Satu-satunya kisah yang dimiliki tentang kemartiran RasulPetrus berasal dari penulis Kristen awal, Hegesippus. Kisahnya mencakup penampakan Kristus yang ajaib. Ketika Petrus sudah tua (Yohanes 21:18), Nero merencanakan untuk menghukum mati Petrus. Ketika murid-rnurid mendengarnya, mereka memohon kepada Petrus untuk melarikan diri dari kota itu [yang diyakini Roma] dan ia melakukannya. Namun, ketika ia sampai di pintu gerbang kota, ia melihat Kristus yang berjalan ke arahnya. Petrus menjatuhkan diri bertelut dan berkata, “Tuhan, Engkau mau pergi ke mana?” Kristus menjawab, “Saya datang untuk disalibkan lagi.” Melaluinya, Petrus tahu ini waktu untuk menderita dan mati bagi Yesus dan memuliakan Allah (Yohanes 21:19). Jadi, ia kembali ke kota. Setelah ditangkap dan dibawa ke tempat kemartiran. Menurut St. Jerome, ia meminta agar disalibkan dengan posisi terbalik karena ia memandang dirinya tidak layak untuk disalibkan dalam posisi yang sama dengan Tuhannya
2. Rasul Andreas (Santo Andreas, Saint Andrew)
Rasul Andreas mati di salib seperti Petrus, tetapi dengan salib berbentuk X.   Dia memberitakan Injil kepada banyak bangsa Asia dan menjadi martir di Edessa dengan disalibkan pada kayu salib berbentuk X, yang kemudian dikenal sebagai Salib Santo Andreas. Sebelum meninggal, ia di siksa dengan hukum cambuk oleh tujuh tentara dan diikat di salib. Dengan cara demikian mereka bisa memperpanjang masa sakit dan masa siksaannya. Seorang pengikut Andreas yg turut menyaksikan hukuman Andreas menceritakan perkataan yang telah di ucapkan oleh Andreas sebelum meninggal dunia : “Ternyata keinginan dan cita-cita saya bisa terkabul, dimana saya bisa turut merasakan saat-saat disiksa dan disalib seperti YESUS”. Bahkan pada saat ia disiksapun tiada henti-hentinya ia berkhotbah terus, dua hari sebelum ajalnya tiba. Berkhotbah sambil dihukum cambuk.

3. Rasul Yakobus (Santo Yakobus, Saudara Tiri Tuhan Yesus, Saint James)
Ia tampaknya menjadi pemimpin gereja di Yerusalem (lihat Kisah Para Rasul12:27; 15:13-29; 21:18-24). Waktu dan cara kematiannya, yang tepat, tidak diketahui dengan pasti meskipun dipercaya itu terjadi pada tahun 66 M. Menurut Flavius Josephus, ahli sejarah Yahudi, imam besar Ananus memerintahkan agar Yakobus dihukum mati dengan dirajam batu. Namun Hegesippus, penulis Kristen awal, mengutip ahli sejarah abad ke-3 Eusebius, berkata bahwa Yakobus dilemparkan dari menara Bait Allah. Versi tentang kematiannya lebih lanjut menyatakan bahwa ia tidak mati setelah dijatuhkan, jadi kepalanya dipukul dengan pentung yang lebih padat, yang mungkin adalah pentung yang digunakan untuk memukul pakaian, atau pukul besi yang digunakan oleh tukang besi.








4. Rasul Yohanes (Santo Yohanes, Saint John)
Dikatakan ia ditangkap di Efesus dan dibawa ke Roma tempat ia dilemparkan ke dalam tempat penggorengan yang diisi minyak yang mendidih, tetapi tidak melukainya. Allah masih memakainya untuk menyelesaikan pelayananNya, dan Allah menunjukkan kekuasaanNya. Akibatnya ia dilepaskan dan dibuang oleh Kaisar Domitian ke Pulau Patmos, tempat ia menulis Kitab Wahyu. Setelah dilepaskan dari Patmos ia kembali ke Efesus, tempat ia meninggal sekitar tahun 98 M. Ia satu-satunya rasul yang tidak mengalami kematian yang mengerikan.




5. Rasul Filipus (Santo Filipus, Saint Phillip)

Rasul Filipus martir tepat setelah 10 tahun kematian Rasul Yakobus, pada tahun 54 M. Rasul Filipus dikatakan telah dihukum cambuk dan dilemparkan ke dalam penjara serta kemudian disalibkan di Hierapolis di Phrygia.






6. Rasul Bartolomeus (Santo Bartolomeus, Saint Bartholomew)
Rasul Bartolomeus yang disebut juga sebagai Natanael ia menjadi misionaris di beberapa negara di Asia, antara lain ia memberikan kesaksian di Turki.  Kemudian menerjemahkan Injil Matius ke dalam bahasa India Timur dan mengajarkannya di negara itu. Bangsa kafir dengan kejam memukuli dan menyalibkannya Armenia.












7. Rasul Tomas (Santo Tomas, Saint Thomas)
Rasul Tomas yang disebut Didimus, murid Tuhan yang sangat terkenal karena ingin mencucukkan jarinya ke bekas paku di telapak tangan Tuhan, untuk memuaskan keingintahuannya. Ia  memberitakan Injil ke Persia, Parthia, dan India. Di Calamina, India, ia disiksa oleh orang kafir yang marah, tubuhnya ditusuk tombak dan dilemparkan ke dalam nyala api oven. *Selain dimasukin ke tungku api, perutnya dihancurkan juga.*

















8. Rasul Matius (Santo Matius, Saint Matthew)
Rasul penulis Injil Matius, seorang kelahiran Nazareth, kampung halaman Tuhan. Ia menulis Injilnya dalam bahasa Ibrani kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani oleh Yakobus saudara Tuhan. Wilayah kerjanya memberitakan Injil adalah Partia dan Ethiopia, disana ia menjadi martir disiksa dan dibunuh dengan pedang di Ethiopia, ada pula yang mengatakan ia ditombak di kota Nadabah pada tahun 60 M.














9. Rasul Yakobus (Santo Yakobus, Anak Zebedeus, Saint James)
Rasul Yakobus adalah murid yang pertama dipanggil YESUS, ia dipenggal kepalanya di Yerussalem.
Ia adalah rasul pertama yang menjadi martir dari antara 12 rasul (Kisah Para Rasul 12:2). Ia dihukum mati sekitar tahun 44 M atas perintah Raja Herodes Agrippa I dari Yudea. Kemartirannya menjadi penggenapan dari hal yang diramalkan Yesus tentang ia dan saudaranya Yohanes (Markus 10:39).
Penulis terkenal, Clemens Alexandrinus, menulis bahwa ketika Yakobus dibawa menuju tempat eksekusinya, keberaniannya yang luar biasa menimbulkan kesan yang mendalam pada satu orang yang menangkapnya sehingga ia jatuh bertelut di depan rasul itu, meminta ampun kepadanya, dan mengaku bahwa ia adalah orang Kristen juga. Ia berkata bahwa Yakobus jangan mati sendiri akibatnya mereka berdua dipenggal kepalanya.

10. Rasul Tadeus/Yudas (Santo Yudas yang bukan Iskariot, Saudara Yakobus, Saint Jude)
disebut juga Tadeus, sokoguru di Yerusalem. Yudas disalibkan di Edesa,  kota kuno Mesopotamia, tahun 72 M, karena ia tidak bersedia untuk mengingkari Yesus.




















11. Rasul Simon (Santo Simon orang Zelot, Saint Simon)
Ia memberitakan Injil di Mauritania di Afrika dan Inggris. Di Inggris ia disalibkan pada tahun 74 M karena ia tidak bersedia untuk mengingkari imannya pada Yesus.












12. Rasul Matias (Santo Matias pengganti Yudas Iskariot, Saint Matthias)
Hampir tidak ada sesuatu yang diketahui tentangnya. Tetapi dikatakan bahwa ia dirajam batu di Yerusalem dan kemudian dipancung, karena ia tidak bersedia untuk mengingkari Yesus.














TAMBAHAN:

Rasul Stefanus (Santo Stefanus, Saint Stephen)
Stefanus diadili oleh Sanhedrin dengan dakwaan hujat terhadap Nabi Musa dan Allah serta berkata-kata menentang Bait Allah dan Hukum Taurat. Hukuman yang diterimanya adalah dirajam sampai mati kira-kira antara tahun 34-35 Masehi oleh sekelompok massa yang marah. Mereka meletakkan jubahnya di kaki seorang muda bernama Saulus dari Tarsus, yang kelak dikenal sebagai Rasul Paulus.





Rasul Paulus (Santo Paulus, Saint Paul)
Alkitab tidak mengatakan bagaimana dan kapan Paulus meninggal. Namun menurut tradisi Kristen, Paulus dipenggal di Roma pada masa pemerintahan Nero pada sekitar pertengahan 60-an di Tre Fontane Abbey. Kewarganegaraan Romawi yang dimilikinya mengijinkan Paulus menjalani hukuman mati yang lebih cepat yaitu dengan pemenggalan. Pada bulan Juni 2009, Paus Benediktus mengumumkan hasil penggalian makam Paulus di Basilika Santo Paulus. Sarkofagus itu sendiri tidak terbuka, namun diuji dengan upaya penyelidikan. Dan itu menunjukkan potongan-potongan kemenyan, kain ungu dan kain biru serta fragmen tulang kecil. Tulang itu bertanggal Radiokarbon abad ke-1 hingga ke-2. Menurut Vatikan, ini tampaknya mengkonfirmasi tradisi makam milik Paulus.


Marilah kita kuatkan iman kita dengan perkataan Yesus ini:
Yohanes 14:6    Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup.  Tidak ada   seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Yohanes 8:40    Tetapi yang kamu kerjakan ialah berusaha membunuh Aku;  Aku, seorang yang mengatakan kebenaran kepadamu, yaitu kebenaran yang Kudengar dari Allah; pekerjaan yang demikian tidak dikerjakan oleh Abraham.
Lukas 12:8   “Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah.”
Filipi 4:20       Dimuliakanlah Allah dan Bapa kita selama-lamanya! Amin.

20 komentar:

  1. TERPUJILAH TUHAN ATAS BERKATNYA YANG MULIA
    TERPUJILAH TUHAN ATAS KUASA NYA YANG LUAR BIASA
    TERPUJILAH TUHAN DI TEMPAT YANG TINGGI DI SURGA YANG BAKA

    HALELUYA PUJI TUHAN !!

    BalasHapus
  2. Kasih yang sempurnah telah Tuhan berikan kepada kami umat-Mu dan biarlah segala yang bernafas memuji Tuhan kita Yesus Kristus...Amin.

    BalasHapus
  3. Terpujilah Tuhan Allah yang telah menjadikan langit dan Bumi. Terpujilah Tuhan Yesus yang mati demi menebus dosa Kami Umat Manusia. "Aku bersyukur punya Tuhan yang hidup! Yaitu; Tuhan Allah,Tuhan Yesus dan Roh Kudus (Ketiganya yang menjadi Satu)

    BalasHapus
  4. Tidak ada kata-kata yang dapat terucapkan atas KASIH Allah kepada manusia selain hanya tetap TAAT dan SETIA kepada Dia sang Pencipta. Dan kiranya kami semua yang percaya kelak dapat menemukan Wajah Allah dan bersatu di dalam KemuliaanNya bersama Bapa, Putera dan Roh Kudus, AMIN

    BalasHapus
  5. dari riwayat para rasul, kita dpt bertanya: siapa yg mau menderita, menyabung nyawa, tdk dpt apa2 ( materi)???? hanyalah pribadi2 yg percaya bahwa YESUS ADALAH ALLAH YG HIDUP, YESUS ADALAH MESIAS,YESUS ADALAH ALMASEH.....

    BalasHapus
  6. Saya sangat senang setelah membaca kisah "Kematian Para Murid Yesus" Sungguh mereka umat pilihan yg mau berkorban untuk memberitakan kebenaran, benarlah yg Yesus Katakan kalau mau ikut Aku harus pikul Salib, aku mau ikut Engkau TUHAN.

    BalasHapus
  7. Kita pun masih berjuang dalam pelayanan kita masing2. Kalau mereka sja tidak menyerah sampai akhir hidup mereka,kitapun harusnya demikian.

    BalasHapus
  8. Kita pun masih berjuang dalam pelayanan kita masing2. Kalau mereka sja tidak menyerah sampai akhir hidup mereka,kitapun harusnya demikian.

    BalasHapus
  9. Kita pun masih berjuang dalam pelayanan kita masing2. Kalau mereka sja tidak menyerah sampai akhir hidup mereka,kitapun harusnya demikian.

    BalasHapus
  10. Lewat pelajaran ini,
    Saya sangat di Berkati
    Saya Bangga jadi Anak Tuhan Yesu๐Ÿ˜Š๐Ÿ™

    BalasHapus
  11. Memang benar hanya Yesus sajalah yang bisa di sebut sebagai TUHAN dan Juruslamat Dunia....saya Bangga karena Yesus.

    BalasHapus
  12. Tuhan Yesus Kristus Anak Allah yang Maha Tinggi terimakasih karena sudah berkotban untuk kami umatMu. Agar kita juga menjadi pelayaan yang setia kepadaMu seperti Murid MuribMu yang setia KepadaMu dan bersatu Dengan Allah Di surga.

    BalasHapus
  13. Pertanyaannya, Sudah siapkah anda semua menjadi Martir? Menjadi Saksi Tuhan Yesus? Dalam zona nyaman kita, kita bisa dengan mudah memuji Nama Tuhan, bagaimana saat anda mengalami bully,dikucilkan,difitnah, dikecewakan,ditinggalkan oleh orang yg dikasihi bahkan mungkin anda di tangkap,disiksa dan bahkan dibunuh oleh karena Nama Tuhan Yesus, bisakah anda menolak mengingkari Tuhan?
    Hanya kekuatan Tuhan Yesus yg memampukan kita bukan kekuatan kita, jika mengandalkan kekuatan kita..niscaya kita akan murtad karena kesengsaraan diatas.
    Gbu

    BalasHapus
  14. Sungguh 12 rasul Yesus yg dimuliakan,,,murid yg sejati yg setia pd Kristus,,,,lindungilah kami santo pelindung,rasul Yesus,,Amin.

    BalasHapus
  15. JANGAN SAMPAI KITA MENJUAL IMAN KITA dengan pindah ke ajaran (agama) lain !!! TETAP SETIA KEPADA YESUS KRISTUS Anak Domba Allah !! <3

    BalasHapus
  16. Pekerjaan yang dikerjakan oleh para murid Tuhan Yesus sanggat2 mulia sekali.

    BalasHapus
  17. Kok bisa paulus jadi rasul ? Siapa yg mengangkat ?

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik. Dilarang menyinggung Umat Agama lain! Hargailah postingan admin..!