Senin, 25 Maret 2013

Pengakuan Iman Nicea-Konstantinopel


Aku percaya kepada satu Allah,
Bapa yang mahakuasa, Pencipta langit dan bumi,
segala yang kelihatan dan yang tidak kelihatan.
Dan kepada satu Tuhan, Yesus Kristus,
Anak Allah yang Tunggal, yang lahir dari Sang Bapa
sebelum ada segala zaman,
Allah dari Allah Terang dari Terang,
Allah yang sejati dari Allah yang sejati,
diperanakkan, bukan dibuat,
sehakekat dengan sang Bapa,
yang dengan perantaraan-Nya, segala sesuatu dibuat;
yang telah turun dari sorga untuk kita manusia
dan untuk keselamatan kita,
dan menjadi daging oleh Roh Kudus
dari anak dara Maria, dan menjadi manusia;
yang disalibkan bagi kita
di bawah pemerintahan Pontius Pilatus,
menderita dan dikuburkan;
yang bangkit pada hari ketiga,
sesuai dengan isi Kitab-kitab,
dan naik ke sorga;
yang duduk di sebelah kanan Sang Bapa
dan akan datang kembali dengan kemuliaan
untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati;
yang Kerajaan-Nya takkan berakhir.
Aku percaya kepada Roh Kudus,
yang menjadi Tuhan dan yang menghidupkan
yang keluar dari Sang Bapa dan Sang Anak
disembah dan dimuliakan
yang telah berfirman dengan perantaraan para nabi.

Aku percaya satu Gereja yang kudus
dan am dan rasuli.
Aku mengaku satu bapisan untuk pengampunan dosa.
Aku menantikan kebangkitan orang mati
dan kehidupan di zaman yang akan datang.
AMIN

13 komentar:

  1. Pengakuan Iman Nicea adalah hasil konsili pertama yang ada

    BalasHapus
  2. Manakah yang sebenarnya dari kalimat: Aku percaya kepada Roh Kudus yang 'menjadi' Tuhan...
    Atau aku percaya kepada Roh Kusus yang 'adalah' Tuhan...
    Dalam pengucapan pengakuan iman di jemaat, ada yang memakai "menjadi" dan ada juga memakai "adalah"
    Manakah yang sebenarnaya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba/mas, Saya waktu SMA diajarin guru agama '... adalah Tuhan...'

      Hapus
  3. Sekarang saya sudah tau pengkuan iman nicea

    BalasHapus
  4. Bukannya pengakuan iman nicea tidak ada filique ?

    BalasHapus
  5. Apakah kalian uadah hafal pengakuan iman nicea konstantinope

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan baik. Dilarang menyinggung Umat Agama lain! Hargailah postingan admin..!